Akibat Return To Base

Return to Base (RTB) adalah istilah dalam penerbangan untuk pesawat yang kembali lagi ke bandara semula. Akhirnya saya merasakan juga apa itu RTB pada penerbangan dengan GA dari Jakarta menuju Semarang pada bulan Oktober 2009 lalu. Padahal, pilot sudah mengumumkan bahwa sekitar 10 menit lagi pesawat akan mendarat. Tiba-tiba ada pengumuman bahwa pesawat tidak diijinkan mendarat dan harus kembali lagi Jakarta. Dangggg..!

Ternyata Bandara A. Yani Semarang ditutup setelah jam 21.00 karena landasan sedang direnovasi. Memang pesawat kami sempat mengantri cukup lama di landasan pacu Soeta karena traffic take off dan landing pesawat yang sangat padat. Seingat saya waktu itu kami harus menunggu sekitar 7 pesawat. Baca sekali lagi, 7 pesawat!! Kebayang kan betenya menunggu dalam pesawat..

Setelah landing kembali di Soetta, sudah bisa ditebak seluruh penumpang marah. Semua menyesalkan kenapa pilot tidak mengantisipasi jadwal penutupan bandara tersebut. Akhirnya penerbangan akan dilanjutkan besok dini hari dan sebagian besar penumpang memilih stay di bandara karena waktu telah menunjukkan sekitar pukul 2 dini hari. Sebagai kompensasi penumpang yang tidak mau diinapkan di hotel yang ditunjuk, kami dipersilakan ke Executive Lounge Garuda untuk menginap dan makan sepuasnya! Mudah-mudahan anda bisa melihat kami yang tertidur di lantai dan sofa lounge di gambar ini hehehe..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s