Obama – Bukan Hanya Sekedar Nasi Goreng dan Bakso

Hari ini RCTI menayangkan interview reporter mereka Putra Nababan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Dan betul seperti dugaan saya, semua orang membincangkan tayangan ini terutama di situs pertemanan Facebook dan Twitter. Beragam tanggapan atas hal ini. Ada yang memuji kelihaian RCTI dalam memanfaatkan rencana kunjungan Obama dengan mencuri start wawancara langsung di Washington DC, ada yang memuji daya ingat Obama akan kenangan masa kecilnya di Indonesia, adapula yang mengomentari makanan yang disukai Obama; Nasi Goreng, Sate dan Bakso.

Saya tidak akan mengomentari kenangan kuliner Obama dan hal lainnya namun apa yang membuat saya sangat terkesan adalah betapa Obama sangat mengenal Indonesia. Mulai dari pemisahan TNI dan Polri (bahkan Obama dengan fasih menyebut singkatan “TNI” ini), perkembangan ekonomi, keberagaman dan persoalan demokrasi di Indonesia! Mungkin karena Obama memiliki pengaruh emosional dengan Indonesia sehingga dia telah mempelajari Indonesia dengan sangat dalam. Obama memiliki pandangan yang dalam atas masing-masing isu ini.

Hal lain yang juga sangat mempesona saya adalah bagaimana Obama memandang isu sensitif mengenai hubungan Amerika dan dunia Islam. Obama menyatakan bahwa hubungan dengan negara-negara Islam bukan hanya didasari oleh kerjasama memerangi terori saja, melainkan di bidang perdagangan, ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya. Bagi saya inilah kelebihan Obama yang membuat dia begitu disukai kecemerlangan berpikirnya, membungkus isu sensitif dengan isu lain yang jauh lebih besar artinya!

Di luar konteks wawancara, jawaban Obama sangat jelas dan tidak berbelit-belit. Saya sukaaa sekali ada pemimpin yang efisien dan efektif dalam berkomunikasi. Memang harusnya seorang pemimpin seperti itu. Tidak ada waktu yang banyak untuk bicara berbelit-belit bagi seorang presiden karena rakyat menunggu kesimpulan, bukan penjelasan dan tentunya supaya sang presiden bisa lebih banyak untuk bekerja dibanding harus berlama-lama menjelaskan. Ini menurut saya lho… Ok Mr. President, see you in June!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s