Kehilangan

Pagi ini baru saja saya mendapat pesan lewat BBM dari seorang teman di kota Malang. Isinya mengabarkan bahwa Ayahnya baru saja meninggal pukul 4.00 dini hari. Pesan ini saya baca tepat setelah saya salat Subuh. Dalam suasana hati yang baru saja tenang melaksanakan kewajiban kepada Tuhan dan dinginnya subuh, membuat saya emosi saya terbawa dan tergerak untuk menulis di blog ini.

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa “Kita akan baru menyadari arti penting seseorang setelah kita kehilangan orang tersebut”. Saya sangat percaya dengan ungkapan ini. Judul tulisan ini-“Kehilangan”- dimaksudkan untuk ungkapan tersebut. Kehilangan atas siapa saja, orang tua, kekasih, teman atau sekedar kenalan.

Berita dari teman itu terngiang-ngiang di kepala saya. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana perasaannya ditinggalkan seorang Ayah. Pikiran sayapun melayang kepada orang-orang di sekitar hidup saya. Bukan sekedar berempati tapi saya memaknai dengan dalam bahwa kehilangan sangat dekat dengan kehidupan. Tiap pertemuan, tak bisa menghindari perpisahan. Tiap kehidupan, tak luput dari kematian.

Kematian bukanlah hal yang bisa kita kendalikan tapi makna hidup sebelum matilah yang bisa kita kendalikan. Saya terus mengingat orang-orang terkasih dalam hidup saya. Mulai dari kedua orang tua, adik-adik, keponakan, sanak keluarga dan seluruh sahabat. Muncul pertanyaan besar dan membuat merinding, Apakah saya telah berbuat baik dan benar kepada mereka semua? Ini pertanyaan sederhana namun membuat saya kuatir.

Saya kuatir jika kematian memisahkan kami, apakah sudah cukup semua kenangan indah untuk membuat saya atau mereka tidak menyesal? Emosi saya sungguh terbawa dengan pikiran ini. Terus terang, menjawab pertanyaan itu sangatlah mudah. Saya masih merasa belum berarti apa-apa. Kalaupun ada, rasanya kurang nilainya, tidak cukup atau masih salah caranya..

Saya berharap masih memiliki waktu untuk mencicil sedikit demi sedikit dengan segala upaya.. Amiiin..

t! @oddie__ “Don’t call it a Mistake, call it an Education”(TAE)

Leave a Reply

