Seri Komunikasi Media Sosial (1) – Pendahuluan

Sungguh menarik melihat perkembangan media sosial saat ini. Facebook, Twitter dan Kaskus adalah contoh situs yang banyak digunakan dan dibicarakan orang. Bahkan beberapa media on-line menyediakan sarana bagi pengunjungnya dengan fasilitas blog, seperti Kompas dengan Kompasiana-nya.

Sayapun tertarik untuk menulis pengamatan saya dalam berinteraksi di media sosial dalam sudut pandang komunikasi. Namun walaupun komunikasi adalah sebuah ilmu, saya tidak akan berpanjang lebar mengaitkan dengan teori-teori komunikasi Laswell dan semacamnya. Sudut pandang yang saya ambil adalah komunikasi sosial yang menjadi fenomena yang mewarnai perkembangan cara berkomunikasi di dunia maya.

Media sosial adalah tempat orang untuk berinteraksi dan komunikasi adalah alat penghubung agar interaksi terjadi dengan baik. Selain untuk berinteraksi dengan orang lain, media sosial bisa menjadi alat untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Kenapa tidak? Kadang kita hanya butuh mencerahkan unek-unek dan perasaan tanpa mengharapkan tanggapan orang lain. Self Talk atau meracau sendiri adalah hal yang lumrah. Bukankan kita sering berbicara dengan diri sendiri? Bedanya, kalau biasanya hanya dalam hati atau pikiran, sekarang tinggal menumpahkan isinya di media sosial.

Media sosial adalah sarana berkomunikasi tanpa batas. Artinya, siapapun bebas berekspresi. Tidak ada batasan usia, agama, suku atau ras. Teknologi semakin mendukung hal ini. Lihat saja fitur-fitur telpon genggam pintar yang terhubung dengan internet yang semakin menjamur. Berinteraksi sosial hanya semudah menjetikkan jari.

Semoga seri ini bermanfaat! 😉

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s