Dendam Nusantara – Takjub

Suatu pagi di Agustus 2006, percakapan singkat terjadi di sebuah dormitory di Kuala Lumpur. Saat itu saya sedang menikmati sarapan dan semeja dengan 2 orang petualang muda dari Belgia. Percakapan di meja itu..

Petualang Belgia (PB): “Where are you from?”

Saya: “Indonesia”.

PB: “Hey, we just came back from Indonesia!” bule itu semangat sekali mengetahui asalku.

Saya:”Oh yeah? Bali??” saya pun tak kalah semangat dan sok tahu menebak.

PB:”No. It was 2 years ago. Kupang!”

Saya: *melongo*

Bule itu kemudian bercerita panjang lebar tentang ketakjubannya pada Kupang. Saya pun tidak kalah takjub. Ya, saya takjub pada diri saya sendiri yang tidak bisa turut bercerita tentang Kupang. Saya orang Indonesia tetapi belum pernah ke sana.

Seminggu kemudian, saya mengunjungi Medan, Sumatera Utara. September 2006, saya takjub begitu berlabuh di Pulau Samosir di tengah hampar Danau Toba. “Gila, this is tropical Alpine!”.  Saya seperti seorang pemuda tanggung yang baru merasakan jatuh cinta. Dari punggung bukit, cinta saya ambruk, bergulung-gulung di ombak Danau Toba. Cerita jatuh cintanya ada di: https://perahukayu.wordpress.com/2010/03/19/toba-lake/

Memang benar kata bukuku, “Cemburu Itu Peluru”. Bahwa kecemburuanku pada kedua orang petualang dari Belgia itu membuatku tertembus peluru dari bukit-bukit Pulau Samosir. Aku luluh-lantah. Sejak saat itu berkobar niat menjelajah dari Sabang sampai Merauke. Dendam Nusantara!

Ketika Cemburu Menjadi Dendam Nusantara

Ternyata saya telah menjejak 29 propinsi. Peta Indonesia kemudian menjadi buku wajib dalam ransel dan koper. Saya banyak menulis, merekam semua inspirasi selama perjalanan panjang itu hingga 2012. Apa saja layak ditulis menjadi ulasan, sajak, atau cerita pendek. Semoga buku seri Dendam Nusantara bisa segera rampung walau dendamku takkan rampung-rampung. Nusantara adalah bentang inspirasi dan seluas-luasnya cerita!

Leave a Reply

