Hotel Griptha – Kudus

5 Agustus 2012

Sampai saya datang, konon inilah hotel terbaik di Kudus. Tapi sayang, di saat saya berada di sini justru hotelnya sedang kurang ‘mendengar’ keluhan pelanggan dan sama sekali tidak kreatif dalam memberi solusi.

Ceritanya, pukul 20.15 saya kembali untuk beristirahat setelah perjalanan dari Semarang yang dilanjutkan keliling Demak dan Kudus. Setelah mandi, seperti biasa saya akan tenggelam menulis hingga larut sebelum kemudian tidur. Apa yang terjadi kemudian?

Lantai tempat kamar saya berisik sekali. Ketukan pintu di kamar lain bisa terdengar di kamar saya. Berungkali saya membuka pintu karena mengira pintu kamar saya yang diketuk. Setelah komplain ke front office, ternyata saya selantai dengan rombongan dari kepolisian. Selain ketukan pintu, suara orang berbicara dan tertawa terdengar sekali. Saya sempat mengintip dari pintu, mungkin kamar yang ada tepat di depan kamar saya menjadi salah satu basis kegiatan yang entah apa itu namanya.

Pihak hotel menawarkan kamar pengganti tetapi tidak sesuai dengan tipe kamar saya sebelumnya. Solusi itu hanya menambah problem. Setelah itu tidak ada inisiatif dan solusi lain sama sekali. Tinggal saya yang kebingungan di tengah berisiknya suara. Malam itu juga saya googling dari HP mencari hotel pengganti. Syukurlah ada hotel yang tersedia kamarnya untuk malam itu juga. Pukul 22.00 saya check-out (tentu dengan tetap bayar penuh untuk semalam) dan dijemput mobil dari Hotel Kenari Asri. Gratis! Tanpa biaya transportasi.

Sewaktu check-out, saya bilang ke salah seorang petugasnya supaya sebaiknya jika terjadi seperti ini lagi, segera sampaikan kepada supervisor atau manager yang bertugas. Biasanya mereka punya solusi yang tidak standar karena memiliki kewenangan yang lebih. Buktinya email keluhan saya direspon dengan cepat oleh manager on duty walaupun hanya permohonan maaf.

Leave a Reply

