Keindahan Lain di Singkawang

Mei 2012

Mendengar Singkawang, pasti teringat China Town, Cap Go Meh, dan tentu para Amoy-nya. Sekitar 17km arah selatan dari kota, ada kompleks wisata pantai bernama Sinka Park Island. Di sini ada pulau yang diakui PBB sebagai yang terkecil di dunia. Tidak perlu menggunakan perahu (apalagi berenang) untuk menuju pulau imut ini. Karena jaraknya hanya 100 meter dari bibir pantai sehingga tersedia dermaga dari beton.

Menanjak sekitar 400m dari kawasan ini ada Bukit Rindu dengan pemandangan pantai yang indah. Hati-hati berkendara ke sini karena jalannya yang kelok menanjak dengan sisi tebing yang curam. Dari bukit ini bisa turun ke Pantai Pasir Panjang. Pasir putih dan bebatuannya membuat kaki tidak akan tahan untuk turun menyentuh ombak.

Jangan lupa sebelum jalan-jalan untuk mampir beli penganan khas Singkawang. Banyak sekali mobil-mobil yang menjaja penganan di jalan-jalan utama. Sebelum kembali ke Pontianak, jangan lupa pula mampir di Sungai Piyuh untuk secangkir kopi dan pengkang (salah satu makanan khas Singkawang). Kota kecamatan ini selalu digunakan sebagai transit perjalanan Pontianak-Singkawang atau sebaliknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s