Menjadi Tua

Tadi malam saya baru kembali dari Yogya. Semalam sebelumnya, seorang sahabat membuat mini konser untuk e-minialbum-nya. Kebetulan sedang berada di Yogya maka sekalian datang ke acara tersebut. Setelah didaulat membaca sebuah puisi, saya didaulat dengan sebuah pertanyaan dari si empunya acara (Bagustian Iskandar): “Ingin menjadi tua seperti apa?”

Terus terang, pertanyaan ini membuat saya kaget. Sebuah pertanyaan sederhana namun kadar keseriusannya sangat tinggi untuk sebuah acara santai seperti pada malam itu. Terus terang lagi, saya tidak punya jawaban. Sekenanya saya bilang bahwa saya hanya ingin menjadi tua dengan cara yang asik, santai, dan berguna buat kehidupan saya sendiri dan orang lain.

Lalu saya kembali ke Jakarta tadi malam. Tiba-tiba pertanyaan itu menyeruak lagi di ruang pikir. Sambil membereskan ransel, saya mencari-cari jawaban yang pas dengan keinginan hati. Kemudian saya mengingat-ingat semua kejadian yang pernah ada di sepanjang hidup saya. Tanpa sengaja saya menemukan sebuah jawaban yang melegakan dan mewakili seluruh keinginan hati. Tadi malam saya memutuskan untuk menjadi tua dengan semaksimal mungkin mengurangi kesalahan-kesalahan yang mencelakai hidup saya, dan tentu hidup orang lain.

Betapa pengalaman masa lalu selalu menjadi guru yang terbaik. Banyak sekali kesalahan yang telah saya perbuat. Saya tidak mungkin mengatakan bahwa saya tidak akan membuat kesalahan lagi. Di sisa hidup, saya hanya ingin mengurangi kesalahan dengan terus belajar, mengerti apa yang saya inginkan, dan mendekatkan hati pada Sang Pencipta Hati.

Lega rasanya menemukan jawaban atas sebuah pertanyaan. Ini bukan soal ujian untuk menentukan yang mana benar atau salah. Tetapi ini soal mengenali diri dan selalu memulangkan semua makna kejadian kepada diri sendiri. Dan tadi pagi, kicau pertamaku di Twitter adalah: ‘Selamat pagi. Semoga hari ini kita membuat sedikit kesalahan”.

Leave a Reply

