Di Ujung Indonesia, Bandara Mopah – Merauke

Merauke! Yeah!

Akhirnya sampai juga ke ujung paling timur Indonesia.  Luasnyaaa.. negeriku. Seluas apa? Tanya saja pada kaki saya. Dari Jayapura ke Merauke saja harus terbang 70 menit. Pukul 10.10 saya mendarat di Bandara Mopah, Merauke. Perjalanan emosional saya menjadi sempurna di bulan Mei 2012. Sekali lagi, Merauke!

Bandara ini tidak seluas Bandara Sentani, baik landasan maupun terminalnya. Perluasan landasan ini penuh drama dalam pembebasan lahannya. Berkali-kali masyarakat sekitar menduduki bandara ini karena pembebasan lahan tanah adat yang penuh drama.

 

Di luar bandara ada Patung Yesus setinggi 12 meter. Patung ini diresmikan bertepatan dengan peringatan 106 tahun masuknya Kristen di Merauke, 14 Agustus 2011. Patung ini salah satu dari dua patung, di mana patung lain akan dibangun di perairan laut Wendu. Kedua patung ini didanai APBD Merauke senilai Rp. 15 Miliar. Nah, patung ini punya drama tersendiri. Drama pertama, kenapa bukan patung pahlawan nasional karena bandara adalah area publik? Drama kedua, buat apa menghabiskan APBD sebesar Rp. 15 Miliar untuk sepasang patung di daerah yang notabene masih jauh tertinggal? Semua drama ini masih menimbulkan polemik hingga sekarang.

Bukan urusan saya dengan drama-drama di atas. Yang pasti, saya menikmati jalan-jalan berkeliling bandara ini. Kantin-kantin dan taman bunga di antara kantinnya mengingatkan saya pada kantin dan taman sewaktu di sekolah dasar. Malam kedua di Merauke, saya diajak jalan-jalan keliling kota oleh teman saya. Di rute terakhir, teman saya bilang akan membawa saya ke tempat nongkrong paling gaul di Merauke saat itu. Dan ternyata malam itu saya dibawa ke bandara ini!

Leave a Reply

