Dentum Sejarah di Benteng-benteng – Ternate

Ada enam benteng di Ternate: Benteng Tolukko, Benteng Oranje, Benteng Kalamata, Benteng Kotanaka, Benteng Santo Y Pablo (Fort Kota Janji), dan Benteng Nustra Se Nohra Del Rosario (Kastela). Masing-masing benteng memiliki sejarahnya sendiri yang menunjukkan hebatnya daya pikat Ternate bagi kaum kolonialis barat. Dari keenam benteng yang saya lewati, ada dua benteng yang saya masuki.

Pertama, Fort Santo Pedro E’ Paulo yang lebih dikenal dengan nama Benteng Kota Janji dibangun pertama kali pada tahun 1532 oleh Portugis dengan panjang 28 m dan lebar 26 m. Disebut Benteng Kota Janji karena pernah digunakan oleh Portugis dan Sultan Baabullah untuk membuat perjanjian di antara keduanya. Benteng ini diperkuat dengan dinding batu kapur dan batu, serta dilengkapi dengan enam meriam dan amunisi untuk menghadapi kemungkinan terjadinya peperangan waktu itu.

Kedua, Fort Nustra Se Nohra Del Rosario atau Benteng Kastela yang pada gerbang masuknya terdapat simbol garuda berkepala.Di bawah patung burung itu, ada tulisan “Jou Se Ngofa Ngare”. Ini sebuah idiom yang tidak bisa dimengerti secara harfiah. Meski demikian, kira-kira artinya adalah Sultan dan Rakyat Menyatu. Banyak penduduk sekitar benteng yang mengidentikkannya dengan konsep kemenyatuan Tuhan dengan manusia.

Di benteng inilah Sultan Ternate ke 25, Khairun, dibunuh oleh Portugis saat jamuan makan siang pada 28 Februari 1570. Dan sejak itu pula, anaknya Khairun, Sultan Ternate ke 26, Baabullah, mengobarkan amarah yang luar biasa terhadap Portugis. Peristiwa tragis ini membuat Baabullah terus menyerang Portugis selama bertahun-tahun, termasuk mengisolasi benteng ini. Upayanya membuahkan hasil. Pada 28 Desember 1575, Portugis akhirnya menyerah. Tidak cukup sampai di situ, jika kerajaan-kerajaan lain di Nusantara berhenti perang setelah musuh keluar dari wilayah teritorinya, tidak demikian halnya dengan Sultan Baabullah. Portugis yang sudah berhasil diusir, masih terus diburunya hingga ke Timor Leste dan Mindanao, Pilipina. Dahsyat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s