Pertemuan Megah – Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) VI

Jambi, 28 – 31 Desember 2012

Berada di antara ratusan penyair adalah peristiwa yang mendebarkan dalam menutup tahun 2012. Saya masih sungkan disebut seorang ‘penyair’. Sebagai penulis yang terlahir dalam prosa, tentu saya hanyalah seorang junior yang terselip di perhelatan akbar tahunan ini. Sebagai junior, saya memanfaatkan kesempatan langka ini untuk berkenalan dengan penyair-penyair yang selama ini saya hanya kenal lewat buku dan media massa. Sebut saja Acep Zamzam Noor, Ahda Imran, Arsyad Indradi dan Isbedy Stiawan ZS. Belum lagi berkenalan dengan penyair manca bangsa; Malaysia, Thailand, Korea, Brunei, Singapura, Kamboja, dan Perancis.

ppn6

Beberapa penyair sudah berkomunikasi lewat dunia maya; Esha Tegar Putra, Mario F. Lawi, Syaifuddin Gani, Willy Fahmi Agiska, dan Arther Panther Olii (sesama mewakili Sulawesi Utara). Saya pun beruntung sekamar dengan penyair hebat dari Banten, Assyafa Jelata. Seorang penyair dari Jawa Tengah, Galih Pandu Adi, malah menjadi teman setia sejak perjumpaan di Bandara Sultan Thaha, Jambi, hingga akhir acara. Tak lupa pula penyair-penyair yang telah saya kenal baik dan selalu saya rindukan, Nanang Suryadi dan Aan Mansyur.
ppn63
Kenangan selama empat hari tidak mungkin terlupakan. Dimulai dari registrasi kedatangan di Hotel Ratu, dari seminar ke seminar, panggung apresiasi, makan malam di kediaman Gubernur Jambi, berpuisi di Kompleks Candi Muaro Jambi, hingga dari jabat tangan ke jabat percakapan. Selain nama-nama di atas ternyata saya sudah rindu dengan A’yat Khalili, Dalasari Pela, Khoer Jurzani, Lailatul Kiptiyah, Lina Kelana, Shohifur Ridho Ilahi, Wachyu Pras, Yusran Arifin, Wahyu Arya, Fatih Kudus Jaelani, Ramoun Apta, Ilham Fahmi, dan lainnya yang masih terekam baik di mata dan hati. Sungguh saya sangat bahagia terselip di antara mereka. Bagi saya, pertemuan ini layak kunobatkan sebagai pertemuan megah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s