Serunya Berbagi di Jambi

Akademi Berbagi (@akberjambi) memberi kesempatan seru mengawali catatan kalender 2013 saya. Inilah gerakan yang paling mengagumkan yang terlahir dari media sosial, menurut saya. Selalu akan saya sempatkan waktu untuk mengisi kelas jika diminta. Jika peserta senang dengan ilmu dan pengalaman yang saya bagi, sebenarnya sayalah yang lebih senang dari mereka. Senang bukan berarti karena berhasil membagi ilmu dan pengalaman melainkan karena mendapatkan energi yang luar biasa dari semangat mereka (mungkin setelah itu banyak peserta yang lemas karena energinya habis saya sedot hehehe..).

akberjambi4

Seperti biasa, apa yang saya sampaikan bertumpu pada kampanye menulis yang digabungkan dengan traveling, terutama eksplorasi kekayaan alam dan budaya Nusantara. Sore yang gerimis di langit Jambi, Rabu, 2 Januari 2013, tidak memurungkan suasana dalam kelas yang terisi sekitar 25 peserta. Acara dibuka oleh Sang Ketua Kelas yang lincah, Diar, lalu pidato Ibu Kepsek, Dini, dan pemukulan gong tanda mulai (yang ini fiksi hehehe..). Sayangnya saya cuma sempat bawa 1 buku “Cemburu Itu Peluru” untuk penanya dengan pertanyaan terbaik di sesi tanya-jawab. Buku itu akhirnya jatuh ke pelukan Desy.

Suasana kelas makin keren dengan penampilan calon band papan atas sepanjang aliran Batanghari: My First Impression. Ini kejutan. Apalagi secara akustik mereka menyanyikan lagu yang mengingatkan saya pada grup Payung Teduh. Kejutan lain, dapat kaus kece dari @temphoyac, toko oleh-oleh khas Jambi. Sekonyong-konyong saya diminta ganti baju tepat 2,73 menit sebelum kelas dimulai. Diar yang kebetulan ‘brand ambassador’ dari @temphoyac meminta saya memilih empat kaus. Setelah menjatuhkan pilihan, saya langsung ganti baju disaksikan seluruh peserta. Jadilah saya bertambah pede dengan kaus coklat lengan panjang yang gaul nian itu selama acara. Di-endorse, bro!

akberjambi2

Pemirsa, apakah kejutan berakhir di situ saja? Ternyata ada lagi. Ceritanya keesokan hari saya dan Bang Lukman (Bapak host saya dalam Couchsurfing) berkunjung ke toko @temphoyac. Setelah beli kaus dan cemilan, Bang Riko, Sang Bandar @temphoyac yang super-ramah tiba-tiba menyeruak dari tumpukan baju (ini fiksi lagi hehehe..). Saya diberi kejutan lagi sebuah hoodie gaul untuk eksis di musim penghujan. Tidak cuma saya, Bang Lukman kebagian hoodie yang sama. Kita berdua langsung difoto dengan bajunya. Gak mau kalah gaya dengan personel Lyla Band dan SHE yang fotonya dipanjang di toko. Ah, Bang Riko, terima kasih belambun! Semoga tokonya semakin tenar setelah kedatangan kami.

Oh ya, kelas itu diliput juga oleh Pipet Magazine, majalah on-line paling gaul seantero Jambi (http://www.pipetmagz.com/artikel-128.html). Sehari sesudahnya, saya dan Bang Lukman mengudara di Radio EB 102,7 FM, Jambi. Pukul 08:00 – 10:00 kami mengguncang langit pagi Jambi! Dua jam tidak cukup untuk berceloteh tentang dunia kepenulisan, akademi berbagi, dan jalan-jalan ala Couchsurfing. Serunya hingga sungai Batanghari ikutan seru, sedikit meluap (lebay..) Bagaimana tidak seru kalau penyiarnya seorang Diar (ah, lagi-lagi dia!).

EBFMJambi1

Berbagi adalah kesempatan yang indah. Saya selalu merasa bertambah kaya. Semua bertambah: pengalaman sosial, jiwa, budaya, jejaring pertemanan, jejaring kreatif, dan tentu oleh-oleh hehehe. Semakin sering berbagi, saya selalu mendapatkan pelajaran emosional yang sama. Sesedikit apapun yang kita bagi dan berguna untuk orang lain, maka kita akan menerima kembali yang sebanyak-banyaknya dari yang tidak pernah kita duga..

Terima kasih belambun untuk Mamat (yang membuat saya tertangkap oleh @akberjambi), Bang Lukman dan Kak Toi (yang tabah mengasuh saya), Diar, Dini, Ihsan, Desy, Adhe, Galih, Dicky, Jimi, My First Impression Band, Pipet Magazine, EB 102, 7 FM, dan Bang Riko bandar @temphoyac!

One thought on “Serunya Berbagi di Jambi

Leave a Reply

