Curhat Jakarta (2) – Sehari Jelang Lebaran

Sebagai ibukota negara, sepi adalah barang mewah. Kalo sepi ini kena pajak, gue tekor tiap tahun. Sehari sebelum lebaran, sepi itu ibarat menggunung di mana-mana. Ya gitu deh kelakukan para pemudik tiap tahun. Mereka mudik sekeluarga, tapi sepinya ditinggal ma gue. Tapi jadinya gue seneng ketiban rezeki. Maklum deh sepanjang tahun gue digrecokin melulu siang malam sampe nyaris lupa cara menikmati sepi, hingga oh hingga, sampailah musim mudik datang lagi.

Gue rasa semua orang juga tahu kenapa sepi ini sangat gue nikmati. Tapi namanya juga curhat, ya gue kudu ngomong dong.

1. Drive Me Crazy

Yel-yel: Yeah!
(Ucapkan dengan lantang penuh kemenangan)

Yang paling gue demen dari para pemudik adalah mereka ngajak juga Si Macet ke kampung halamannya. Akhirnya bisul ini meletus juga. Jalanan lengang di hampir semua penjuru mata angin. Mau ke mana-mana jadi gampang. Nggak perlu slalom dan kebaret-baret kejepit di jalan tikus. Kencan jadi gampang, nggak perlu berantem nentuin lokasi. Di mana aja hayuk! Tiba di lokasi pun masih seger, nggak awut-awutan karena dandanan berantakan di jalan.

Saking lengangnya jalanan protokol udah kayak jalan tol. Nggak heran kalo mobil sport mewah pada kecentilan seliweran ke luar kandang. Nggak usah sirik ya bangbro, kita cukup berempati sama perasaan mobil-mobil mahal itu aja. Hak asasinya kok setingkat si bleki.

Kalo lancar begini dramanya jadi lain juga. Pasti banyak yang ngomel karena kecepetan nyampe. Janjian 5 sore, eh nyampenya pukul 4. Cibubur-Sudirman yang biasanya di jalan perlu muter lagu sealbum plus bete 3 karung, jadinya cuma perlu satu lagu plus siul-siul riang.

2. Love is in The Air

Yel-yel: Wow!
(Ucapkan dengan congor membentuk gambar hati dan mata berbinar)

Indahnya hari libur dengan langit yang seksi! Sepanjang tahun langit gue tabah diburamkan belasan ribu knalpot. Kabut, awan, dan asap berteman sekarib-karibnya. Dalam keadaan apa pun sungguh sulit menikmati langit yang cerah tanpa polusi. Di hari-hari libur ini setidaknya polusi berkurang dari semburan knalpot. Gue sampe bisa melihat patung tugu Pancoran melambai-lambaikan tangan ke patung di bunderan HI. Coba deh hari biasa, patung-patungnya pada ngeluh katarak.

Selain langit yang lumayan cerah, udara juga lebih seger dari biasanya. Tiupannya juga terasa beda. Angin seperti lancar berlari-lari walau kudu zig-zag di sela gedung tinggi. Mungkin kalo lo kentut dari HI masih bisa kecium sampe ke Senayan. Coba deh hari biasa, kentut aja males melontar di udara penuh timbal.

3. Love is Mine

Yel-yel: Aww!
(Ucapkan dengan mata tertutup, bibir tersenyum, dan gelengkan kepala serentak)

Karena alasan nomer 1 dan 2 di atas, gue merasa mendapat lagi jiwa gue. Sebagai ibukota negara, gile aja lo sepanjang tahun gue kagak punya jiwa. Tugas gue lebih berat dari seorang presiden. Gue tiap hari diomelin tapi nggak bisa ngomel balik apalagi ngeluh. Gue cuma bisa curhat doang. Itu pun nebeng blog ini. Kota-kota lain mo ganti posisi gue? Ambiiiiiil…

Di libur begini semua omelan berganti puja-puji. Sumpah serapah di jalan, ngoceh nggak mutu di fb dan twitter rasanya berkurang drastis. Gue merasa bermartabat sebagai kota babon yang harus menanggung semua harapan warga kota sekaligus negara. Setidaknya jadi bukti, jangan ngomel ke gue kalo lo sendiri yang bikin gue busuk. Gara-gara gue busuk, noh temen gue di Depok, Tangerang, dan Bekasi ikut-ikutan ketumpahan busuknya pula. Jangan ngebusuk-busukin gue deh kalo hidup lo masih kemari-mari juga. Lho, kok gue emosi yak? Pokoknya, gue seneng denger mereka yang nggak mudik tapi bahagia dengan keadaan gue yang lega.

Nah, karena ini malam takbiran, boleh deh ntar malem langit gue bau mercon. Lo rame-rame di jalan juga gue cingcay aje. Yang penting lo jangan ugal-ugalan. Takbiran yang bener biar makin banyak cinta di langit gue. Selamat Lebaran ye, maap kalo curhat gue ada salah kata. Besok gue curhat lagi sambil ngemil opor.

2 thoughts on “Curhat Jakarta (2) – Sehari Jelang Lebaran

Leave a Reply

