Enjoy Jakarta di Akhir 2013

Malam tahun baru di Jakarta? Di seputaran HI? Wah, tengkyu, bos! Ngapain mempersulit diri di tengah kerumunan? Jempol keinjek, sumpek, bau ketek, sampah di mana-mana… Tuh kan, banyak aja alasan yang sebenarnya cuma fantasi saya sendiri karena memang belum pernah mengalaminya!

Tapi tahun ini? Justru itu yang saya tunggu! Kebetulan saya memang nggak jadi ke mana-mana karena diborgol pekerjaan. Dalam sepuluh tahun terakhir, saya nyaris cuma 1-2 kali menghabiskan malam tahun baru di Jakarta. Itu pun saya alergi untuk ikut tumpah di pesta rakyat di mana pun, apalagi di seputaran HI! Beruntungnya lagi, pekerjaan mengharuskan saya ada di seputaran Sudirman. Asyik banget, tinggal setengah koprol, saya dengan mudah meluberkan diri dengan warga Jakarta yang lain.

Langit Jakarta yang Seksi!
Setelah sehari sebelumnya dikocok hujan seharian, langit Jakarta seksi banget di malam tahun baru! Maka jadilah ratusan kembang api amatiran meliuk-liuk di langit yang cerah. Hujan baru turun lagi sekitar pukul 3 dini hari.

Pesta Rakyat

SANYO DIGITAL CAMERASejak sore, kawasan Sudirman-Thamrin sudah bersih dari kendaraan. Saya berjalan santai dari Chaze Plaza ke arah HI. Daaaaan..saya mentok di halte Blora. Situasi sudah padat sekali. Sampai di titik ini sebenarnya saya sudah bahagia.

Sepanjang saya berjalan, sudah banyak hal yang saya temui dan benar-benar membuat hati riang tak terkira. Mulai dari hiburan sekelompok saksofonis di dekat halte Dukuh Atas, jejeran tenda kuliner, panggung wayang kulit, hingga dangdut koplo. Ini benar-benar pesta rakyat!

Geng Oranye
Hanya setengah jam setelah pukul 00.00, saya kembali pulang. Tiba-tiba saya melewati puluhan orang berseragam oranye. Ternyata mereka adalah geng petugas kebersihan. Bahkan dari arah Blok M, mobil-mobil kebersihan sudah konvoi ke arah HI, lengkap dengan lagu-lagu dan imbauan dari pengeras suara supaya warga nggak beringas dengan sampahnya sendiri. Dalam hitungan beberapa jam saja, mereka akan menyulap kawasan Sudirman-HI-Thamrin bebas dari berton-ton sampah seperti tahun-tahun sebelumnya. Bravo!

Enjoy Jakarta
Saya terheran-heran dengan berbagai jenis manusia yang datang. Saya pikir, pasti yang akan datang hanya muda-mudi seperti saya aja. Ehem.. Ternyata saya salah. Banyak yang sibuk menggandeng ortunya, para manula gaul. Banyak keluarga yang datang dengan pasukan lengkap: ayah-ibu-anak-kakek-nenek-baby sitter, dan tikar! Ada yang gaulnya terlalu nekat dengan kereta balita. Bahkan ada kategori lebay dengan anjing peliharaan! Busyiattt..

Enjoy Jakarta, Happy Joyous New Year 2014!

One thought on “Enjoy Jakarta di Akhir 2013

Leave a Reply

