Ah, Jakarta!

Hubunganku dengan Jakarta nggak jauh-jauh dari drama ‘benci tapi rindu’. Aku coba menghitung, sudah berapa tahun hidup di kota ini. Ternyata, lamanya lebih dari sepuluh jari. Selama itu pula dramanya berlangsung. Epik!

Dan, drama ini terjadi dengan pola yang sama. Baru dua hari meninggalkan Jakarta, eh sudah rindu lagi dengan kota ini. Atas nama bosan, aku—dan juga seantero warga Jakarta–, tentu sering kabur ke luar kota. Seringkali, masih di tol bandara pun rasanya jiwa sudah terbebas dari hiruk-pikuk ibu kota. Tetapi, tidak lebih dari dua hari, pikiranku sudah pulang duluan.

Itu tadi drama ditinjau dari sudut pandang eksistensialisme. Apa kabar sudut idealisme? Nah, ini yang memalukanisme. Benci macetnya, tetapi rindu rezekinya. Benci banjirnya, tetapi rindu hujannya, karena seringkali teriknya mendekati derajat neraka. Benci ingar-bingarnya, tetapi rindu benderangnya yang antipadam sampai pagi.

Daripada membahas kebencian, aku coba mengingat-ingat 5 hal terbaik dari Jakarta dalam hidupku akhir-akhir ini:

Gramedia Matraman
Gramedia Matraman

1. Banyak Toko Buku

Ya iyalah, masak ibu kota negara minim toko buku? Eits, bukan soal jumlahnya. Di Jakarta toko buku nyaris ada di setiap mal, itu pun luasnya ajegile. Toko buku bukan sekadar untuk beli buku. Buatku, tempat ini lokasi piknik batin. Fungsi lainnya, meeting point, atau tempat menunggu yang nggak bikin mati gaya. Tempat favorit: Gramedia Mal Ambassador, Pejaten Village, dan Matraman.

'Ngemper' di Gerbang TIM
‘Ngemper’ di Gerbang TIM

2. Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini.

Ah, ini lagi lokasi piknik jiwa. Banyak tempat yang asyik dalam satu lokasi. Mulai dari gedung-gedung teater, bioskop, Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB. Jassin, planetarium, hingga emper kuliner. Yang terakhir ini favorit banget tempat ngopi dan bergajulannya anak-anak komunitas fiksimini.
IMG_98593. Deretan Toko di Cikini

Tiap menyusur deretan tokonya, rasanya sedang berada di antah berantah nun jauh dari Jakarta. Deretannya tidak panjang tetapi cocok disusur sambil melamun. Serasinya, di jejeran bangunan-bangunan tuanya terselip kedai-kedai kopi yang menawan mampir. Belakangan, sering mampir di Kedai Dua Nyonya.
Busway14. TransJakarta

Moda transportasi ini penyelamat buatku setiap mengandalkan kendaraan umum. Bukan soal transportasi saja, koridor-koridornya jadi semacam patokan dan penunjuk arah ke berbagai lokasi. Sampai di moda ini saja, aku sudah banyak mengirit waktu dan tenaga.
Plazfest5. Plaza Festival

Boleh dikata, di sinilah nadinya ‘pergaulan’-ku; mulai dari urusan kerja sampai upaya bertahan hidup sebagai anak nongkrong Jakarta! Apalagi sekarang menjadi lokasi favorit anak-anak komunitas fiksimini. Pilihan tempatnya banyak, dan rata-rata buka 24 jam. Lokasi favorit: Sevel dan McD.

Apa 5 hal terbaikmu di Jakarta? Jangan-jangan banyak yang sama dengan di atas.
Selamat ulang tahun kota ‘benci tapi rindu’-ku.
Ah, udeh 488 tahun aje, lu!

Advertisements

10 thoughts on “Ah, Jakarta!

  1. Memalukanisme? hehehe… aku ga tinggal di Jakarta tapi punya dong 5 hal terbaikku tentang Jakarta : 1.Aku selalu suka halte Trans Jakarta juga :D, 2. Sevell, tempat kita kenal ya kaka, sering mampir ngopi di situ aku. 3. Tentu, Gramedia juga. 4. Tanah Abang, kulakan yang terbesar di Asia Tenggara, meski kaki gempor hati senang aja muter-muter belanja di situ. 4. Dan yang paling kusuka menyusuri jalan sepanjang Blok M- Ampera, rasanya hati plonggggg kalau sudah di jalanan itu. Maaf…komennya panjanggggggg hehehe

    1. Oh iyaaa jumpa perdana kita di Sevel Plazfest ya hahaha
      Tuh kan, Plazfest nadi pergaulanku!

      Anah Abang? Wuww favorit siapapun di bulan puasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s