5 Fenomena Ketika Kembali Nge-blog

Berdasarkan penelitian bertahun-tahun oleh Asosiasi Blogger Republik Indonesia (ABRI), ada kegilaan yang sama ketika para blogger bangkit dari amnesia.

Penelitian itu menghasilkan 5 fenomena berikut:

  1. Theme
    Kebanyakan blogger akan sakit perut melihat ‘perwajahan’ blog-nya yang lama nggak terurus. Ini soal perwajahan yang diyakini nggak up to date lagi. Lalu dimulailah episode cari theme yang kekinian. Ada yang sedap dipandang, tetapi strukturnya nggak sesuai format lama. Bongkar-pasang theme ini bikin frustasi maksimal.
  2. Gagap Platform
    Berabad nggak nge-blog, bikin gagap-gempita pada perkembangan platform. Terlebih WordPress yang kayaknya tiap detik updated. Jangankan yang baru, fungsi pengaturan yang lama pun perlu waktu untuk menyelaminya kembali. Contoh, mau susun kembali struktur menu aja aku harus googling belajar lagi di blog orang. Sampai ke Youtube-ing malah!
  3. Alergi Isi yang Lama
    Kalau no.1 bikin sakit perut, poin yang ini ada pada level bikin muntah. “Kok blog gue isinya begini, sih?” Walhasil ada posting yang ditarik jadi “unpublish” bahkan dihapus riwayatnya. Soal image pun begitu, kebanyakan bikin alergi mata.
  4. Semua Ingin Ditulis
    Karena lagi semangat kembali nge-blog, rasanya semua ingin ditulis. Menyesal banget kalau ada content seru tetapi kenyataannya sudah basi. Karena blog ini untuk berbagi dan dokumentasi portofolio, jadinya harus diperas mana yang layak dan enggak. Hal yang bikin ngeri kalau blog ini hanya jadi ajang pamer. Semoga aku bisa konsisten dengan prinsip, “banyak hal bisa ditulis, tetapi tidak semua bisa ditulis”.
  5. Follow
    Begitu buka blog, suka tercengang sendiri ketemu posting blog lain, “Ini siapa ya yang gue follow?” Beberapa terpaksa harus blogwalking untuk kenal lagi. Tetapi nggak ada yang “unfollow”, kok.

Itulah hasil penelitian ABRI yang terbukti benar adanya. Mengenai ABRI ini, nggak perlu googling cari info tentang organisasi ini. Karena, dari anggota, sekjen, hingga ketuanya dijabat aku sendiri…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s