Lima Teguk Kopi

Buku ini antologi cerpen hasil lomba yang diselenggarakan oleh komunitas menulis One Week One Paper (OWOP) di tahun 2015. Di sini aku menjadi salah satu jurinya. Selain menjuri, aku juga menulis satu cerpen dengan judul “Tak Ada Waskita Untuk Nabila”.

Dalam cerpen di atas, aku bereksperimen tidak menampilkan tokoh utuh secara langsung yang justru namanya disebutkan dalam judul: Nabila. Tokoh Nabila hadir lewat percakapan-percakapan tokoh lain. Tokoh utama cerpen ini justru wanita lain: Tinuk Andari.

Tinuk Andari adalah seorang peramal yang tidak suka diminta meramal urusan jodoh. Semua ini karena ia melakukan kesalahan ketika meramal untuk jodohnya sendiri. Apa kesalahan itu? Bagaimana akhirnya nasib cintanya sendiri?

Tinuk bersiap dengan perlengkapannya. Ia mengeluarkan tujuh kartu yang terbungkus sehelai selampai. Kartu itu terbuat dari bilah-bilah kayu yang pipih.

Ia mulai mengacak susunannya di atas meja. Jemarinya mengayun lamban. Penuh penghayatan. Gelang-gelangnya bergemerincing. Sejurus kemudian, dua baris kartu membentang telungkup horisontal di tengah meja. Sewarna, tiap baris.

….

“Mas mau mencoba peruntungan yang lain? Tentang kesehatan atau nasib usaha, misalnya?”

Kali ini sang pemuda bergerak. Ketika Tinuk mendongak, pemuda itu telah bergegas ke luar, meninggalkan jejak tirai yang bergoyang.

…..

“Sudahlah! Nabila sudah punya kekasih dan dijodohkan pula dengan pemuda pilihan orang tuanya. Mas ini mau jadi apanya lagi?!”

Siapa sebenarnya Nabila itu? Siapa saja pemuda-pemuda yang mencoba meramal jodoh mereka dengan Nabila?

Penasaran dengan Nabila?

Buku ini diterbitkan oleh AG Pressindo, 2015. Silakan pesan bukunya di: ag_publishing@yahoo.co.id atau ke oneweekonepaper.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s